Kamis, 07 Juni 2012

Manfaat Kegiatan Afterwork


Saat masih sekolah, ada yang namanya kegiatan afterschool atau kegiatan ekstra kurikuler seperti pramuka, paduan suara, dll.  di kamus bahasa Inggris, ada istilah afterwork activity , yang artinya kegiatan rutin di luar jam kerja.  Mungkin terdengar sombong, serakah atau mungkin lucu, saat orang mengaku capek bekerja tapi malah melakukan kegiatan di luar jam kerja, bukan istirahat.  Padahal kegiatan afterwork yang dimaksud bisa luas sekali dari sekedar main ping pong, arisan hingga jalan-jalan. Jadi, mengapa perlu punya proyek afterwork?

1. Bersenang-senang

work hard, play hard. Dengan asumsi proyek afterwork itu bukan work, jadi anggap saja proyek afterwork itu kegiatan bermain-main. tidak ada keterpaksaan, tidak ada jadwal, kita sendiri yang menentukan aturan main.  Masa sih anda sudah lupa senangnya bermain-main, anda tidak setua itu kan?

2.Obat Stress

bersyukurlah jika berhasil mendapatkan pekerjaan yang anda sukai, sesuai dengan bakat dan tentunya dengan gaji yang layak, tapi pasti anda orang paling beruntung di dunia jika tidak pernah merasa stress sama sekali saat mengerjakan pekerjaan anda. Justru orang yang sangat suka pekerjaannya jadi lupa bersenang-senang di luar jam kerja.   Hanya kerja, makan dan tidur, hingga menganggap remeh stress.  Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk kegiatan afterwork guna mengurangi stress, atau lebih baik lagi jika dilakukan rutin. karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

3. Uang

Uang bukan hal yang utama dalam kegiatan afterwork, karena saat uang jadi tujuan utama mengerjakan proyek afterwork, maka bisa dibilang, kegiatan yang dilakukan bukan lagi proyek afterwork tapi "work" atau pekerjaan juga.  akan sangat menyenangkan jika kegiatan afterwork bisa menghasilkan uang, selain kita bersenang-senang, dapat uang juga.  Tapi saran saya, jika kegiatan afterwork mu sudah menjadi kegiatan mengumpulkan duit saja, coba cari kegiatan afterwork lain. jangan lupa, tujuan utama proyek afterwork adalah bersenang-senang.  jangan kecil hati jika kegiatan afterwork tidak bisa menghasilkan uang,  tidak semua orang yang hobi main ping pong harus jadi atlet ping pong demi uang kan?

 

4. Sebagai asuransi

Manusia boleh berencana, Tuhan yang menentukan.  mungkin saja kita sudah punya pekerjan yang asyik, bebas stress dan tidak ada masalah keuangan, tapi selalu saja ada hal yang diluar dugaan atau perhitungan, contohnya tiba-tiba di PHK.  Kalau beruntung, justru dengan uang pesangon bisa membuka usaha dengan mengembangkan proyek afterwork.  Tapi misal kegiatan afterwork yang dimiliki adalah main ping pong (lagi-lagi ping pong), sebenarnya bukan hal yang sia-sia juga, karena dengan main ping pong bisa mengurangi stress di masa-masa sulit.  Yang terpenting saat mengalami masa sulit adalah mempertahan kesehatan rohani dan jasmani, jadi kalau bisa jangan tinggalkan kegiatan afterwork biarpun tidak ada lagi "work" nya.   Dan ingat aturan pertama, harus senang :)


ditulis oleh dessy TAB
http://zpiderdzigh.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar